Senin, 11 April 2016

Hubungan Film "An Inconvenient Truth" dengan Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar

            
Hasil gambar untuk an inconvenient truth




An Inconvenient Truth merupakan sebuah film dokumenter yang membahas tentang kondisi bumi saat ini, yang mengalami perubahan iklim (khususnya dalam pemanasan global). Dalam film ini terdapat konflik karena adanya perbedaan kepentingan antara Pemerintah (petinggi Negara) yang sedikit acuh dengan aktivis-aktivis lingkungan seperti Al Gore dkk. Apabila dikaitkan dengan materi mata kuliah ilmu sosial dasar sesuai dengan bab 8, yang membahas tentang pertentangan sosial dan integrasi masyarakat.
Dalam film ini juga membahas tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Teknologi yang berkembang bukan hanya memiliki dampak positif, tetapi juga memiliki dampak negatif. Karena semua menggunakan mesin, dan gas buangnya yang berupa karbon,  maka akan menjadi pemicu semakin naiknya suhu permukaan bumi. Bila tidak segera diatasi dengan mencari bahan alternatif yang ramah lingkungan, maka dapat dipastikan suhu bumi akan terus meningkat dan mengancam kehidupan generasi mendatang. Apabila dikaitkan dengan materi mata kuliah ilmu sosial dasar sesuai dengan bab 9, yang membahas tentang teknologi.
Di akhir film Al Gore mengajak seluruh masyarakat dunia untuk ikut serta melestarikan bumi dimulai dengan hal-hal yang kecil. Seperti, menggunakan energi yang ramah lingkungan dan melakukan daur ulan sampah. Karena untuk menjaga kelestarian bumi membutuhkan kerjasama internasional dengan semua Negara. Apabila dikaitkan dengan materi mata kuliah ilmu sosial dasar sesuai dengan bab 8.5, yang membahas Integrasi Internasional. Semoga dengan adanya film ini, kita menjadi tersadar dan mulai mecintai bumi kita ini. Agar keberlangsungan hidup anak cucu kita dimasa yang akan datang menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar