Selasa, 07 November 2017

Review Jurnal "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CERDAS PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KARET ALAM DENGAN PENDEKATAN PRODUKTIVITAS HIJAU MENGGUNAKAN FUZZY AHP".

Judul Jurnal : SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CERDAS PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KARET ALAM DENGAN PENDEKATAN PRODUKTIVITAS HIJAU MENGGUNAKAN FUZZY AHP.

Penulis Jurnal :
1. Hendra (Program Studi Mesin dan Peralatan Pertanian Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh)
2. Marimin (Departemen Teknologi Industri Pertanian, Institut Pertanian Bogor)
3. Yeni Herdiyeni (Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor).

Reviewer :
Galih Surya Ramadhan
3ID06 / 32415819
Teknik Industri
Universitas Gunadarma

Formulasi Masalah
Pada jurnal “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN CERDAS PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KARET ALAM DENGAN PENDEKATAN PRODUKTIVITAS HIJAU MENGGUNAKAN FUZZY AHP” terdapat formulasi masalah yaitu Bagaimana merancang aplikasi sistem pendukung keputusan cerdas dalam agroindustri karet alam berbasis web. Dengan harapan aplikasi tersebut mampu mengukur produktivitas hijau, dapat memberikan rekomendasi peningkatan produktivitas berupa alternatif terbaik dan dapat mensimulasikan alternatif tersebut pada agroindustri karet alam.

Hipotesis Penelitian
Hipotesis dari penelitian ini adalah dengan menggunakan aplikasi fuzzy analytic hierarchy process (Fuzzy AHP) dapat dilakukan pengambilan keputusan dan fuzzy rule-based dapat memperhitungkan indeks produktivitas hijau.

Rancangan Penilitian
Penelitian ini merancang aplikasi berbasis web sistem pendukung keputusan cerdas yang terdiri dari subsistem-subsistem untuk mengukur produktivitas hijau, memberikan solusi dan simulasi peningkatan produktivitas hijau dalam agroindustri karet alam secara cepat. Struktur sistem pendukung keputusan cerdas digambarkan sebagai diagram input, proses, dan output. Input sistem terdiri dari subsistem database, subsistem model base dan subsistem knowledge base. Output sistem berbentuk laporan solusi dan rekomendasi keputusan beserta penjelasan dampaknya.

Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data pada penelitian tersebut dengan mengumpulkan data ekonomi berupa harga per ton, biaya per ton, dan total produksi per bulan. Serta data tujuh sumber pembangkit limbah yaitu energi, air, material, sampah, transportasi, emisi, dan biodiversitas. Data ekonomi dan data tujuh sumber pembangkit limbah tersebut disebut dengan peta aliran nilai sekarang atau current VSM.

Populasi dan Sampel
Populasi dari penelitian ini berupa nilai indikator lingkungan dengan sampelnya berupa energi, air, material, sampah, transportasi, emisi, dan biodiversitas. Populasi berikutnya yaitu nilai indikator ekonomi dengan sampelnya berupa harga per ton, biaya per ton, dan total produksi per bulan.

Metode Pengolahan Data
Setelah mendapatkan data ekonomi dan data tujuh sumber pembangkit limbah, selanjutnya dilakukan pengolahan data. Metode yang digunakan adalah metode fuzzy rule-based untuk mengukur produktivitas hijau dalam bentuk nilai indeks produktivitas hijau berdasarkan nilai indikator lingkungan dan nilai indikator ekonomi. Masing-masing alternatif disimulasikan untuk memperhitungkan indeks produktivitas hijau yang disebut dengan GPI skenario berdasarkan current VSM. Metode fuzzy AHP bertujuan untuk memberikan solusi peningkatan produktivitas hijau dengan cara memilih alternatif terbaik rekomendasi pakar. Output akhir dari sistem ini adalah simulasi alternatif terbaik dalam bentuk data peta aliran nilai yang akan datang (future VSM).
 
Sumber Jurnal:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar